PERANCANGAN MODUL PRAKTIKUM SISTEM KONTROL

Selasa, 2 Agustus 2011 09:46:21 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
PERANCANGAN MODUL PRAKTIKUM SISTEM KONTROL

PERANCANGAN MODUL PRATIKUM  SISTEM KONTROL OTOMATIS BERBASIS PLC DI LABORATORIUM LEMJIANTEK KODIKLAT TNI AD

 

OLEH

SERTU HARI NUGROHO ELKA ≠ 15

 

1.         Umum .          Kemajuan teknologi sistem kendali atau kontrol pada saat ini menggunakan cara-cara otomatisasi agar dalam melaksanakan pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien. Salah satu peralatan kontrol otomatis yang saat ini banyak digunakan adalah PLC (Programmable Logic Controller).

PLC adalah kendali logika terprogram merupakan suatu piranti elektronik yang dirancang untuk dapat beroperasi secara digital dengan menggunakan memori sebagai media penyimpan instruksi-instruksi internal untuk menjalankan fungsi logika, seperti aritmatika, pencacah, urutan proses, pewaktu dan fungsi yang lainnya dengan cara memprogramnya. Program-program dibuat kemudian dimasukkan dalam PLC melalui programmer atau monitor. Pembuatan program dapat menggunakan komputer sehingga dapat mempercepat hasil pekerjaan. Fungsi lain PLC dapat digunakan untuk memonitor jalannya proses pengendalian yang sedang berlangsung, sehingga dengan mudah mengetahui urutan kerja ( work squence) proses pengendalian yang terjadi pada saat itu. PLC dapat diaplikasikan pada penerangan dalam kantor, kelembaban suhu dan lampu lalu lintas serta aplikasi lainnya Semua peralatan yang ada tersebut dapat diubah secara otomatis di mana pengontrolannya melalui PLC. Perancangan dan pembuatan modul praktikum berbasis PLC bertujuan untuk menambah sarana dan prasarana di Laboratorium Elektronika Lemjiantek Kodiklat TNI AD, maka dengan adanya modul praktikum ini dapat digunakan dalam proses belajar menggajar .

 

 

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Pembuatan modul praktikum ini   adalah untuk  mengaplikasikan teknologi PLC sebagai bagian dari sistem kontrol yang digunakan di Laboratorium Elektronika sistem kontrol  di Lemjiantek  TNI AD.

b.         Tujuan.          Adapun tujuan dari pembuatan alat ini untuk memberi masukan kepada pimpinan Lembaga Pengkajian Teknologi Kodiklat TNI AD, dalam rangka menambah sarana perkuliahan siswa Diploma 3 jurusan Teknik Elektronika Sista khususnya di bidang sistem kendali digital.

 

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.         Ruang Lingkup.      Adapun yang akan dibahas dalam Laporan Tugas Akhir ini adalah  :

            1)         PLC (Programmable Logic Controller)

            2)         Sensor level air (IC TTL 74HC14)

            3)         Perangkat lunak (Software)

            4)         Power supply

            5)         Washer pump (pompa air)

 

b.      Tata Urut.     Untuk mempermudah penulisan tugas akhir ini maka penulis menyusun dengan tata urut sebagai berikut:

            BAB    I           :           PENDAHULUAN

            BAB    II          :           TINJAUAN PUSTAKA

            BAB    III         :           METODOLOGI PENELITIAN

            BAB    IV         :           PENGUJIAN   DAN ANALISA ALAT

            BAB    V         :           KESIMPULAN DAN SARAN

            BAB    VI        :           PENUTUP

 

4.         Metode Penulisan.

a.         Metode Deduktitif.              Pada penulisan tugas akhir ini penulisan menggunakan pendekatan studi literatur dimana kajian berdasarkan data-data dari buku referensi maupun dari sumber lain sehingga dapat membantu tugas akhir ini.

b.         Metode Induktitif.    Melakukan eksperimen di laboratorium dan lapangan sebagai sumber landasan teori.

 

5.         Pengertian-pengertian.

a.         PLC  ( Programmable Logic Controller ) adalah sebuah komputer yang khusus dirancang untuk mengontrol suatu proses atau mesin. Pada dasarnya PLC tersusun dari empat komponen utama yaitu mikroprosesor, power supply, memori dan modul input dan output.[1]

b.         Algoritma Program .          Algoritma merupakan  urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah, sedangkan program mengatur kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program).[2]

c.         Software.      Bahasa Pemrograman (Perangkat Lunak atau Sofware) merupakan sarana yang digunakan untuk  mengintegrasikan antara input dan output pada PLC menggunakan pemrograman  ladder dimana pemrograman ladder sudah ada dalam PLC Zelio SR2.  

 


[1] PLC dan teknik perancagan sistem kontrol,iwan setiawan  penerbit andi bab 1 hal   1

,bab 2 hal 51, ibid,hal 17 (pengenalan dasar-dasar PLC)  

[2] www.algoritma  Pemrogaman Bambang Wahyudi, SKom., MMSI 2008-11-10

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya